Peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Langsa Gelar Jalan Santai

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Langsa, menggelar jalan santai di Kampung Kesehatan Kecamatan Karang Baru sebagai rangkaian dalam peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Minggu (14/10).


"Jalan santai yang digelar di Kampung Kesehatan Kecamatan Karang Baru, itu untuk mendekatkan kepada masyarakat agar lebih mengenal program BPJS Ketenagakerjaan dan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat pentingnya jaminan sosial bagi pekerja," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Langsa, Awalul Rizal

Meskipun cuaca sedikit mendung sejak pagi itu, ratusan masyarakat di desa tersebut cukup antusias mengikuti rangkaian jalan santai dengan melewati rute dari gang bunga Kampung Kesehatan menuju Kampung Tanjung Karang dan kembali lagi ke Kampung Kesehatan.

Awalul Rizal menjelaskan saat ini 1.000 penduduk di Kampung Kesehatan telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan telah memiliki jaminan ketenagakerjaan dan jaminan kematiaan serta Kampung  Kesehatan telah ditetapkan menjadi desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Penetapan desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut sebagai komitmen terhadap misi BPJS Ketenagakerjaan, yakni melindungi dan menyejahterahkan seluruh pekerja dan keluarganya dan meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian masyarakat," jelas Awalul Rizal.

Dalam kegiatan tersebut, tambah Awalul Rizal, pihaknya melakukan penyerahan secara simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada warga kampung Kesehatan dan menyerahkan tong sampah untuk Kampung Kesehatan. 

"Pihaknya juga mendirikan warung pojok BPJS Ketenagakerjaan di Kampung Kesehatan untuk memberikan informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan sehingga masyarakat akan lebih paham dan sadar akan pentingnya program jaminan sosial itu guna melindungi mereka jika mengalami kecelakaan kerja atau kematian," ujarnya. 

Jalan sehat bersama masyarakat kampung Kesehatan, juga disediakan sebanyak 100 hadiah dooprize menarik yang dibagikan, dalam rangka peresmian Kampung Kesehatan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. 

Sementara itu Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil, SH, M.Kn dalam sambutannya mengatakan kampung Kesehatan merupakan kampung ketiga di Kabupaten Aceh Tamiang yang ditetapkan sebagai Desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kampung Kesehatan dipilih menjadi Desa sadar jaminan sosial Ketenagakerjaan dikarenakan Datok beserta seluruh perangkat kampung Kesehatan sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, letak kampungnya sangat strategis dan Datok beserta seluruh perangkat kampung sangat mendukung dan antusias terhadap program BPJS Ketenagakerjaan," jelasnya.

Menurutnya, program Desa sadar jaminan sosial Ketenagakerjaan merupakan program BPJS Ketenagakerjaan, yang bertujuan sebagai sarana penyebaran informasi kepada masyarakat mengenai manfaat BPJS Ketenagakerjaan berupa jaminan kecelakaan, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

"Harapanya melalui acara ini, seluruh program-program BPJS Ketenagakerjaan dapat disosialisasika dan diketahui oleh masyarakat dan kepada pihak BPJS kami mintakan perhatian yang serius untuk terus memperbaiki mutu pelayanan," pinta Bupati Mursil. [] L24-004 (Razzaq)

Diberdayakan oleh Blogger.