Tiga Kecamatan di Singkil Masih Direndam Banjir

Lentera24.com | ACEH SINGKIL -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam melaporkan masih terjadi genangan air di tiga wilayah kecamatan di daerah setempat.


Foto : Antaranews
"Kondisi terakhir, air masih menggenangi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Singkohor, Kota Baharu dan Kecamatan Singkil Utara,"kata Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Singkil, Rosiana Kusuma Wardani, kepada wartawan di Singkil, Minggu.

Sementara di sejumlah kecamatan lain dilaporkan, kondisi terkini bahwa banjir sudah mulai berangsur surut, seperti di Kecamatan Simpang Kanan, Gunung Meriah dan Danau Paris, demikian halnya longsor yang menimbun badan jalan sudah ditanggani.

Selama sepekan ini banjir mengepung delapan dari 11 kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil dengan total warga terdampak bencana sudah mencapai 24.523 jiwa atau 4.632 Kepala Keluarga (KK), namun tidak ada korban jiwa selama bencana alam ini.

Rosiana mengatakan jumlah korban terdampak banjir itu masih dalam pendataan sementara, karena masih ada laporan dari beberapa desa yang akan menyusul, jumlah 24.523 jiwa itu berasal dari 28 desa di lima kecamatan yang terverifikasi.

"Sedangkan tiga kecamatan lagi yang belum melaporkan data korban terdampak banjir Aceh Singkil, yakni Kecamatan Suro, Singkohor dan Kota Baharu. Saat ini masih dalam pendataan karena masih terjadi banjir," katanya.

Ia mengatakan saat ini upaya yang dilakukan BPBD dan Forkopimda seperti Kodim 0109/ Aceh Singkil dan jajarannya, Dinas Sosial dan pihak kecamatan telah turun meninjau lokasi yang masih tergenanyvbanjir dan saling berkoordinasi.

Tim BPBD masih terus melakukan pemantauan dan menurunkan sejumlah perahu karet guna membantu evakuasi masyarakat di kawasan yang dilanda banjir, tim BPBD juga ikut membersihkan puing-puing longsor di bantu oleh TNI/ Polri dan masyarakat setempat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Meulaboh-Nagan Raya merilis informasi mengenai potensi curah hujan masih terlihat dalam prakiraan cuaca hingga beberapa hari ke depan, karena itu masyarakat perlu tetap waspada banjir terutama yang tinggal dekat bantaran sungai.

Wilayah kerja BMKG Meulaboh-Nagan Raya meliputi, Aceh Jaya, Aceh Barat, Simeulue, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Subulussalam dan Aceh Singkil, BMKG juga meminta warga mewaspadai potensi petir dan guyuran hujan lebat pada malam hari. [] ANTARANEWS
Diberdayakan oleh Blogger.