Kasek SMPN 4 Tenggulun Terindikasi Gemar Alpa Tugas

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Para wali murid yang anaknya mengenyam pendidikan di SMP Negeri 4 Tenggulun, Kecamatan Tenggulun sangat menyesalkan tindakan oknum Kepala sekolah dimaksud yang jarang sekali masuk kerja ditempatnya ia ditugaskan.

Bukan hanya baru-baru ini saja, prilaku enggan ngantor ini sudah sejak lama dilakukan oknum Kasek SMPN 4 Tenggulun berinisial T.A tersebut. Sehingga para tenaga pendidik dan staf tata usaha merasa kehilangan sosok pemimpin yang mampu membimbing, menaungi dan membina para bawahannya.

"Kami selaku orang tua murid meragukan kualitas pendidikan disekolah ini, bagaimana proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik kalau kepala sekolahnya jarang muncul disekolah," ujar seorang warga Dusun Adil Makmur I, Desa Tenggulun, Sabtu, (13/10) dikonfirmasi Lentera.

Mereka, para wali murid disana bukan tidak mempercayai maupun meragukan para guru di SMP itu dalam melakukan tugasnya sebagai pendidik. Namun karena ketiadaan seorang pemimpin yang jarang melakukan tugas dan tanggung jawabnya, sedikit banyaknya jelas akan berdampak terhadap proses pendidikan kepada guru maupun siswanya.

"Kalau memang tidak mampu menjadi pemimpin disekolah ini, kenapa beban yang diberikan oleh Pemerintah dia sanggupi dan dia terima. Setidaknya kalau sudah tak mampu lagi, kembalikanlah kepada Pemerintah, atau mundur saja. Jadi para siswa tidak merasa dikorbankan dengan segala kepentingannya," beber wali murid yang enggan namanya disebutkan.

Seorang warga Tenggulun lainnya juga menyebutkan, berdasarkan informasi yang diperolehnya, bahwa pada Sabtu (13/10), Sang Kepala sekolah yang diduga gemar bolos ini pun tidak ada terlihat masuk kerja.

Warga disana meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) setempat  untuk tidak bertele-tele lagi dalam mengambil tindakan tegas terhadap oknum kepala sekolah yang selalu alpa dalam menjalankan tanggung jawabnya.

Informasi dihimpun, ternyata sangat santer sas-sus dilingkup Dinas PK terkait oknum Kepala Sekolah SMPN 4 Tenggulun yang jarang ngantor. Diharapkan agar Plt Kadis PK, Muhammad Nur dapat mencari solusi terbaik guna meningkatkan kinerja dijajarannya maupun standar pendidikan didaerah itu.

"Disini isunya sudah sejak lama merebak. Bahkan beliau itu sudah dicap merah sejak semasa Kadis (Kepala Dinas) masih dijabat oleh Almarhum Pak Wan dulu," ujar seorang PNS di Dinas PK saat ditemui Lentera 24, Jumat (12/10) kemarin.

Namun kata dia, orang nomor One di Dinas itu belum juga mengambil sikap terhadap keberlangsungan masa depan  pendidikan siswa di SMPN 4 Tenggulun tersebut agar bisa berjalan secara profesional.

"Pasti berpengaruh negatif terhadap proses pendidikan disana karena Kepala sekolahnya jarang nongol disekolah," ujarnya. 

Plt Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang, Muhammad Nur dalam konfirmasinya menyatakan kalau oknum Kepala sekolah T.A pernah dipanggilnya serta diberi pembinaan terkait jarangnya masuk kerja.

"Sebenarnya ini merupakan dilema bagi saya. Tapi menyangkut persoalan yang dimaksud, saya sudah pernah memanggilnya dan memberikan pembinaan kepadanya," ungkap Muhammad Nur.

Bahkan ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas PK ini, demi untuk memberikan motifasi dan semangat kerja kepada T.A, pihak Dinas PK menunjuk SMPN 4 menjadi tuan rumah penyelenggaraan rapat rutin. [] L24-003

Diberdayakan oleh Blogger.