Gempa 3,4 SR Guncang Aceh Singkil

Lentera24.com | BANDA ACEH -- Gempa tektonik dengan kekuatan 3,4 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Aceh Singkil, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Ahad, tepat pukul 18.39 WIB.


Foto : Ilustrasi
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mata I`e di Aceh Besar,?menyebutkan, titik episentrum atau pusat gempa berada di 2,34 Lintang Utara, dan 97,43 Bujur Timur.

Gempa tersebut terjadi di laut dengan jarak sekitar 49 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, dan memiliki kedalaman 60 kilometer.

Hingga berita ini diturunkan, belum terdapat laporan gempa yang terjadi kali ini apakah akan memicu tsunami di wilayah daratan bagian Selatan di provinsi tersebut.

Seperti diketahui, Aceh merupakan salah satu provinsi memiliki intensitas gempanya yang tinggi di Indonesia, karena berada di bentangan Patahan Semangko atau Sesar Sumatera.

Yakni patahan gempa sepanjang 1.900 kilometer terbentang dari Aceh hingga Teluk Semangko di Provinsi Lampung. Aceh juga berada di dekat pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia.a
Diberdayakan oleh Blogger.