Danramil 06/Kesugihan : Kampung KB Berhasil, Negara Akan Sejahtera dan Kuat

Lentera24.com | CILACAP -- Untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya program KB, utamanya kepada pasutri usia subur di wilayah desa yang masih sangat minim dan kurang, maka pemerintah memasyarakatkan program KB kepada seluruh lapisan masyarakat dengan  mencanangkan Kampung KB guna mensukseskan program tersebut. Seperti yang dilaksanakan oleh Pemerintah di Dusun Tingkas Rw 06 Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan, Selasa (9/10/18).


Dalam pencanangan kampung KB tersebut, dihadiri oleh sejumlah tokoh pemerintahan seperti Wakil Ketua Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Dr. Ira Tanti Aulia Rahman, Ketua Penggerak PKK Kecamatan Kesugihan Enda Bambang Wijoseno, Dinas Kependudukan Kabupaten Cilacap Drs. Agus Subagyo, M.Si, Sekcam Kesugihan Cardian Galih Wicaksono STTP, Danramil 06/Kesugihan Kapten Inf Agus Sudarso, Kapolsek Kesugihan AKP Asep Kusnadi, Kepala UPT P dan K Jatun AS M.Pd, Kepala Koordinator PLKB Kesugihan Hasto, Kades Se Kecamatan Lesugihan, Persit KCK Ranting 7 Koramil 06/Kesugihan, Ibu-ibu penggerak PKK, SKD se Kecamatan Kesugihan serta masyarakat Desa Bulupayung.

Dijelaskan oleh Sekcam Kesugihan Cardian Galih Wicaksono, STTP, program Kampung KB ini merupakan program dari Pemerintah yang secara teknis pelaksanaannya melibatkan seluruh unsur masyarakat. "Tujuan dari pelaksanaan program kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat pra sejahtera”, jelas Cardian 

Selain daripada itu, Kampung KB adalah satu upaya untuk menggairahkan kepada lapisan masyarakat akan pentingnya KB untuk mensejahterakan Bangsanya. Melalui KB diharapkan SDM Bangsa Indonesia semakin meningkat dengan terpenuhinya pendidikan dan lapangan kerja bagi anak bangsa.

Sementara Wakil Ketua Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Dr Ira Tanti Aulia Rahman dalam sambutanya menyampaikan bahwa dengan adanya pencanangan kampung KB 2018 di Desa Bulupayung ini, diharapkan tercapai tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan terwujudnya kehidupan yang sejahtera sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat akan tujuan dari program KB yaitu demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dia menghimbau kepada masyarakat untuk sebisa mungkin menghindari pernikahan dini, karena dengan pernikahan dini penuh kerawanan akan terjadinya keluarga yang tidak harmonis dan menyebabkan perceraian. "Peran ibu-ibu lebih berpengaruh dalam mendidik dan membentuk karakter anak", jelas Dr Ira Tanti Aulia R.

Dikesempatan yang sama Danramil 06/Kesugihan Kapten Inf Agus Sudarso menyatakan bahwa TNI akan selalu mendukung dan mensukseskan pencanangan Kampung KB. "Kami anggota TNI (Koramil) yang sudah bertugas di wilayah territorial akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan program kampung KB demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera. Kampung KB berhasil, negara akan sejahtera dan kuat", tandasnya. [] L24-Tarwan
Diberdayakan oleh Blogger.