Cegah Hepatitis, Kodim 0703/Cilacap Gelar Vaksinasi Hepatitis B

Lentera24.com | CILACAP -- Cegah penyakit Hepatitis anggotanya, Kodim 0703/ Cilacap bekerjasama dengan Rumkitban 04.08.01 Cilacap melaksanakan Vaksinasi Hepatitis B bertempat di Aula Satya Kartika Kodim 0703/Cilacap, Jalan Jenderal Sudirman No.D1 Cilacap, Kamis (18/10).


Kegiatan tersebut merupakan langkah preventif Satuan dengan memberikan vaksin Hepatitis B kepada prajuritnya di hadapkan dengan tugas Prajurit Kodim 0703/Cilacap yang padat sehingga dituntut kondisi kesehatan badan yang prima. 

Hepatitis itu sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus ataupun bisa juga dikarenakan faktor lain seperti obat obatan. Ada beberapa jenis Hepatitis, dilihat macamnya yaitu Hepatitis A,B,C,D,E dan yang terbaru ditemukan Hepatitis G.

Dijelaskan Dokter Nur Indah dari Rumkitban Cilacap, hari ini akan dilakukan Tes Protein dan materi Genetik berupa pengambilan sampel darah untuk mengetahui apakah hasilnya positif atau negatif. " Jika hasil tes negatif akan dilakukan tindakan vaksin dengan memberikan suntik Hepatitis, Jika hasil Tes positif segera di rujuk ke Rumah Sakit untuk dilakukan pengobatan lebih lanjut," jelasnya.

Begitu juga dengan Pelda Harih Tri, selaku Ketua Panitia dirinya menjelaskan tentang mekanisme kegiatan yaitu para peserta mendaftar terlebih dahulu kepada panitia, menunggi dipanggil satu persatu dan setelah itu mengambil tabung darah untuk di tes darahnya. Kurang lebih setelah 1 jam, hasilnya akan keluar, baru kita lakukan vaksin," bebernya.

Mewakili Dandim, Pasi Pers Kodim Kapten Inf Tasino mengingatkan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan untuk mengantisipasi atau mencegah penularan Virus Hepatitis B. Kegiatan vaksin ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap pertama yang dilaksanakan hari ini dan tahap selanjutnya yaitu pada bulan depan. Diharapkan seluruh prajurit bisa mengikuti kegiatan ini, karena ini adalah program dari Kodam," jelas Kapten Inf. Tasino Pasipers Kodim 0703/ Cilacap. [] L24-Tarwan
Diberdayakan oleh Blogger.