HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Budidaya Tanaman Lada, Materi yang Diberikan Dispabun Cilacap Bagi Warga Wringinharjo

Lentera 24.com | CILACAP -- Dinas Pangan dan Perkebunan (Dispabun) Kabupaten Cilacap melalui Kepala UPT Pembibitan, Dinas Pangan dan Perkeb...

Lentera24.com | CILACAP -- Dinas Pangan dan Perkebunan (Dispabun) Kabupaten Cilacap melalui Kepala UPT Pembibitan, Dinas Pangan dan Perkebunan Cilacap, Amrin Ma'ruf, S. Hut. berikan materi Budidaya Tanaman Lada pada pelatihan pemanfaatan pekarangan untuk pengembangan pangan dan holtikultura kepada warga masyarakat Desa Wringinharjo bertempat di rumah Sudiro, warga RT 03/03 Dusun Sindeh, Selasa (23/10).


Desa Wringinharjo merupakan desa sasaran program TMMD Sengkuyung III Kodim 0703/Cilacap tahun 2018. Melalui pelatihan ini diharapkan warga desa tersebut memperoleh ilmu sekaligus menambah wawasan dalam bidang  pengembangan pangan dan perkebunan sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil kebun dan menambahinkam bagi keluarga. 

Mengapa Lada?, Dijelaskan Amrin Ma'ruf, tanaman tersebut dinilai sangat menguntungkan dan saat ini menjadi Tanaman Unggulan Nasional. "Anda bisa kaya mendadak hanya dengan menanam lada dan tentunya lada yang berkualitas," tutur Amrin Ma'ruf, S. Hut.


Menurutnya, untuk menghasilkan lada yang berkualitas tentunya ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu diantaranya syarat tumbuh, budidaya serta mengenal hama dan penyakitnya. Untuk Budidaya tanaman sendiri harus diperhatikan beberapa hal yaitu tentang bibit varietas unggul, penyediaan bibit, persiapan tiang panjatan, penanaman, pemeliharaan, pemupukan serta pemeliharaan pasca panen.

"Yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana merawat tanaman lada dengan sebaik-baiknya karena tanaman ini termasuk pertanian intensif dan membutuhkan perawatan yang berkala," jelasnya lagi.

Apa yang disampaikan oleh Kepala UPT Pembibitan, Dinas Pangan dan Perkebunan Cilacap tersebut tentunya membuat warga Desa Wringinharjo tertarik. Menurut salah satu dari mereka, Ibu Abu, ingin mencoba membudidayakan tanaman lada tersebut. "Saya sebagai Ketua Kelompok Tani Wanita "Maju Makmur" Desa Wringinharjo ingin mencoba membudayakan tanaman lada ini," kata Eriyanti semangat. [] L24-Tarwan