Babinsa Sidanegara Himbau Masyarakat Waspada Peredaran Makanan Berbahaya

Lentera24.com | CILACAP -- Pesan singkat beredar melalui akun media sosial diantara melalui aplikasi whatshapp yang inti dari pesan tersebut menyebutkan telah terjadi keracunan yang dialami oleh beberapa murid SDN 03 Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap pada hari Senin 08 Oktober 2018.


Begini isi pesan singkat tersebut  *_Dimohon dgn hormat untuk mewasdai perdagangan susu murni nasional. Ada prodak yg menekati kedaluarsa shg menimbulkan keracunan pada siswa. Ini terjadi setelah istirahat pertama di sd neg sidanegara 03. Cilacap tengah. (sudah ada 10anak yg keracunan sedang di rawat di puskesmas 1 cilacap temgah ). Mohon untuk di cek di sekolah panjenengan ) matur nuwun. ( penting nggih )_*, pesan singkat juga dilengkapi foto-foto siswa yang tengah dalam perawatan pihak medis

Menindak lanjuti adanya informasi tersebut Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto melalui Penerangan Kodim 0703/Cilacap dan Koramil 01/Cilacap agar mengecek kebenaran informasi yang beredar.

Danramil 01/Cilacap Kapten Kav Nur Sohib Ansori memerintahkan Babinsa Kelurahan Sidanegara Serka Rihayat Eko untuk mengecek ke lokasi kejadian, sampai dilokasi Serka Rihayat Eko mendapati sejumlah siswa yang diduga keracunan, selanjutnya Serka Rihayat Eko bersama para guru SDN 03 Sidanegara membawa siswa yang keracunan ke Puskesmas Cilacap Tengah I untuk mendapatkan pertolongan.

Kronologis, kejadian pukul 09.15 WIB saat Istirahat pertama Siswa SDN 03 Sidanegara melaksanakan istirahat, banyak yang membeli jajan dan sebagian anak membeli susu sachet Merk Nasional, selang beberapa menit kemudian sejumlah 15 anak  mengeluh mual dan pusing

Berikut 15 anak yang keracunan : Kania Puspita, Kaila Nafka, Ratu Amelia, Nabila, Cahya Septi, Anandita, Jefri, Gizela, Nevaga, Zulfikar, Yudi, Keaso, Lutfan, Galih  dan Alpaena.

Setelah mendapatkan pertolongan pihak Puskesmas I Cilacap Tengah 12 Siswa diperbolehkan pulang kerumah masing-masing karena kondisinya membaik, sementara 3 siswa dirujuk ke RSUD Cilacap dikarenakan kondisinya belum membaik, nama ke 3 yang di rujuk ke RSUD Cilacap Kania Puspita, Kaila Nafka dan Nabila.

Adanya kejadian tersebut Serka Rihayat Eko menghimbau kepada masyarakat agara teliti apabila membeli makanan siap saji, cek terlebih dahulu tanggal kadaluwarsa, dan kepada para orang tua yang betul-betul memperhatikan apa yang dibeli dan dikonsumsi oleh anak, sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi. [] L24-Tarwan
Diberdayakan oleh Blogger.