Aceh Timur Laksanakan Talk Show Perpustakaan

Lentera24.com | ACEH TIMUR -- Sehubungan dengan pencapaian sumber daya manusia yang maju dan cerdas Pemerintah Kabupaten Aceh Timur telah melakukan banyak program perbaikan khususnya dalam bidang pendidikan, karena melalui pendidikanlah sumberdaya manusia yang maju dapat terwujud. Salah satu langkah pemerintah dalam rangka mencerdaskan bangsa yang sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 adalah dengan menyelenggarakan pengembangan perpustakaan. Seperti yang di ketahui perpustakaan adalah tamannya dari berbagai ilmu pengetahuan yang tertata rapi di dalam buku-buku yang terpajang dengan indah di peprustakaan.

Foto : dr. Zulfkri selaku pembawa acara tampak sedang memberikan beberapa pertanyaan kepada para narasumber ketika berlangsung acara Talk Show Perpustakaan Sekolah di halaman Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Timur Kec. Peurlak Kota pada Kamis (25/10) (Dok. Humas & Protokol Setdakab Aceh Timur)
Untuk memajukan sebuah perpustakaan, kepuasan pengguna adalah sebuah hal yang sangat penting dalam mewujudkan kemajuan perpustakaan. Perpustakaan harus dapat memberi palayanan terbaik kepada penggunanya, perhatian terhadap pengguna menjdi penting dengan adanya upaya untuk mendengarkan kritik dan saran dari pengguna. Kemudian, dalam membantu untuk memformulasikan kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada pengguna juga tidak terlepas dari staf yang ramah, baik, sopan santun, tanggap dan bersahabat.

Untuk itu kami Pemerintah Kabupaten Aceh Timur mencoba ambil bagian melaui Program Talkshow Perpustakaan Sekolah, dan dengan harapan kan adanya perubahan terhadap pemahaman pengetahuan tentang tatacara pengelolaan perpustakaan sekolah sesuai ketentuan yang ada, serta memberi dampak positif bagi perkembangan informasi dan pendidikan di tengah masyarakat. Hal tersebut dikatakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, H.M. Amin, SH, MH ketika membuka secara langsung acara Talk show Perpustakaan Sekolah yang berlangsung di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada Kamis, 25/10/2018.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, melalui kegiatan talk show peningkatan minat dan budaya baca bagi siswa-siswi, mahasiswa dan masyarakat dengan harapan akan adanya pemikiran dan inovasi terhadap perkembangan perpustakaan sekolah, serta keberadaannya memberi dampak positif dan membawa pembaharuan bagi dunia pendidikan di sekolah-sekolah dalam Kabupaten Aceh Timur.

Ia sangat menaruh harapan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Timur agar lebih aktif lagi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tidak cukup untuk dengan pelaksanaan pembinaan kepada pengelola perpustakaan sekolah saja, tetapi juga pembinaan yang bertujuan untuk dapat meningkatkan sdm agar pembangunan Aceh Timur kedepan lebih maju dan berkembang.
         
Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Timur, Lukman, SP, MM dalam laporannya mengatakan acara ini berlangsung selama setengah hari yang diikuti oleh para guru serta murid. Dalam acara Talk Show ini hadir sebagai narasumber berasal dari kalangan Pejabat Aceh Timur seperti H.M. Amin, SH, MH, Agussalim S.Pd, M.Pd dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Aceh Timur dan dari kalangan Akademisi yakni DR. Sabaruddin, S.Sos.I dari IAIN Cotkala Langsa dan Drs. Rahmatsyah, S.Pd dari Unsam Langsa. Adapun yang menjadi moderator adalah Dr. zulfikri, M.Kes.

Dalam kesempatan ini, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Timur juga menyerahkan Trophy dan uang pembinaan kepada para juara Perpustakaan terbaik se Kabupaten Aceh Timur untuk Tahun 2018 mulai dari tingkat SD/Sederajat sampai tingkat SLTA/Sederajat dimana untuk tinggkat SD juara pertama diraih oleh SDN 1 simpang Ulim, juara ke dua SDN 5 Peurlak dan juara ketiga SDN 2 Birem Bayeun. Sementara untuk tingkat SLTP juara pertama diraih oleh SMPN 1 Peurlak, juara dua SMPN 1 Birem Bayeun dan ketiga diraih oleh SMPN 1 Pante Bidari. Untuk tingkat SLTA juara pertama diraih oleh SMAN Unggul Aceh Timur, posisi kedua diraiih oleh SMAN 1 Julok dan posisi ketiga SMAN 1 Ranto Peurlak. [] L24-012 (M. Amin)
Diberdayakan oleh Blogger.