HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Selandia Baru Jajaki Peluang Kerjasama dan Investasi di Aceh

Lentera 24.com | BANDA ACEH -- Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menerima kunjungan Political Officer, Carolyn Wilson didampingi Detective...

Lentera24.com | BANDA ACEH -- Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menerima kunjungan Political Officer, Carolyn Wilson didampingi Detective Inspector, Julian Rinckes dari Kedutaan Besar Selandia Baru dalam rangka menjajaki peluang kerjasama dalam berbagai bidang dengan Pemerintah Aceh  di pendopo Wakil Gubernur Aceh, Rabu (12/09/2018).

Foto : Youtube
Dalam pertemuan tersebut, Nova bersama Carolyn dan Julian membahas berbagai peluang investasi  dan kerjasama antara pemerintah Aceh dan Selandia Baru antara lain, bidang energi, pariwisata, agro industri dan pendidikan.

Di bidang energi, Nova menjelaskan, Pemerintah Aceh saat ini sedang menggarap beberapa proyek geothermal seperti Goethermal Jaboi di Sabang, Seulawah dan Gunong Geuruedong. Untuk Sabang kata Nova, Potensi panas bumi diperkirakan mencapai 80 MW . Hingga saat ini pengeboran yang telah selesai dilakukan menghasilkan 16 MW.

Sedangkan Proyek Geothermal Seulawah dan Gunong Geurudong masih dalam tahap survey potensi energi yang akan dihasilkan.

Pada kesempatan tersebut, Nova juga menyampaikan peluang investasi dalam bidang pariwisata di Sabang dan Pulau banyak.

Dua destinasi wisata ini kata Nova terus dikembangkan oleh Pemerintah dan telah banyak wisatawan baik dari dalam dan luar negeri yang datang berkunjung.

“Mungkin kita juga bisa melakukan kerjasama antara kota Banda Aceh dan Kota di Selandia Baru dengan program sister city seperti yang sudah dilakukan dengan beberapa negara,” kata Nova.

Selain bidang investasi, Nova juga mengusulkan kerjasama bidang pendidikan baik itu beasiswa, program pendidikan dan pelatihan jangka pendek bagi putra – putri Aceh.

“Kami sangat terbuka, dan memberikan peluang kepada siapapun yang akan berinvestasi di Aceh, apalagi saat ini kondisi Aceh sangat aman dan kondusif seperti yang sudah anda lihat sendiri,” ujar Nova.

Sementara itu, Carolyn Wilson sangat mengapresiasi dan akan mempetimbangkan investasi maupun kerjasama terutama dalam bidang periwisata, pendidikan dan agro industri.

Untuk itu, Ia meminta agar Pemerintah Aceh menyiapkan skema kerjasama yang dapat dilakukan antara Pemerintah Aceh dan Selandia. [] L24-012 (M. Amin)