HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

5 Kebiasaan yang Buat Bulu Mata Rontok

Lentera 24.com | GAYA HIDUP -- Banyak orang bilang jika bulu mata jatuh, artinya ada seseorang yang sedang merindukan Anda. Tapi bukan berar...

Lentera24.com | GAYA HIDUP -- Banyak orang bilang jika bulu mata jatuh, artinya ada seseorang yang sedang merindukan Anda. Tapi bukan berarti Anda harus senang jika setiap hari bulu mata Anda jatuh.

Foto : Merahputih.com
Selain membuat penampilan mata jadi kurang menarik, bulu mata yang tipis tidak dapat memberikan perlindungan yang optimal dari debu. Direktur Laser dan Kosmetik Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai, dr. Heidi Waldorf mengatakan bahwa keberadaan bulu mata di ujung kelopak sama seperti rambut di kepala Anda.

Bulu-bulu itu akan tumbuh secara alami dan wajar jika jatuh 1-2 helai setiap harinya. Tetapi jika jumlahnya sudah berlebihan, Anda harus hati-hati. Dilansir dari Self, Rabu (19/9/2018), lima kebiasaan ini bisa jadi penyebab jatuhnya bulu mata Anda dengan mudah:

Menggosok wajah terlalu kencang

Saat membersihkan make-up, bagian maskara adalah yang paling sulit dibersihkan. Tapi jangan menggosoknya terlalu keras karena ini justru akan membuat bulu mata lebih mudah jatuh.

“Beberapa iritasi dari penggunaan maskara, menggosok, dan membersihkan make-up di mata dapat menimbulkan trauma,” kata seorang Dermatologis di Santa Monica, Christine Choi Kim.

Tidur tanpa membersihkan maskara

Tidur dengan maskara masih menempel di bulu mata dapat menyebabkan masalah. Beberapa produk maskara akan membuat bulu mata Anda lebih kaku saat memakainya. Jika bulu mata ini terkena gesekan dengan bantal, maka dapat membuatnya patah.

Membersihkan bulu mata palsu dan extension dengan cara yang salah

Bulu mata palsu dapat mengubah penampilan Anda. Bahkan beberapa wanita sengaja memasang lash extension atau bulu mata tambahan demi menunjang penampilan. Tapi jika Anda membersihkan dengan cara yang salah, bulu mata asli pun bisa terancam rusak.

“Bulu mata extension juga bisa menyebabkan kerontokan pada bulu mata asli,” ujar dr. Waldorf.

Menggunakan maskara anti air

Untuk kesempurnaan bulu mata, maskara anti air (waterproof) memang dibutuhkan. Tapi sebaiknya tidak digunakan setiap hari. Penggunaan maskara anti air dapat membuat bulu mata Anda kering sehingga mudah patah dan lepas. Karenanya, Anda perlu mengatur waktu yang tepat kapan harus memakainya.

Sering menggunakan alat pelentik bulu mata

Menggunakan alat bulu mata bisa memberi daya tarik pada bulu mata dan membuatnya terlepas. Apalagi jika Anda menggunakannya saat memakai maskara. Dokter Waldorf menyarankan agar Anda menggunakan pelentik bulu mata sebelum memakai produk seperti maskara.

Agar penggunaan alat ini lebih efektif, hangatkan pelentik bulu mata dengan blowdryer sebelum memakainya. Tapi pastikan tidak terlalu panas agar tidak membuat bulu mata terasa terbakar. [] OKEZONE.COM