Warga Kota Galuh Buka Posko "2019 Ganti Kades"

Lentera24.com | SERDANG BEDAGAI - Seorang pemimpin jika sudah dianggap tidak Pro Rakyat dan hanya berpihak pada kroni-kroninya dapat berakibat fatal. Sebagai contoh masyarakat Desa Kota Galuh Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai sekitar 75 persen sudah tidak lagi mempercayai Kepala Desanya.


Bahkan warga dengan sukarela menempah baju bertuliskan "2019 Ganti Kades" dan warga juga mendirikan posko relawan 2019 ganti Kades yang didirikan di Simpang Tiga Jalan Kartini Dusun 2 Desa Kota Galuh.

Kepada Lentera24.com, ketua Poska Relawan 2019 Ganti Kades Yudi Siahaan Minggu (12/8) mengatakan, sudah saatnya Kepala desa Kota Galuh Heriansyah alias Ucok tidak lagi dipilih pada 2019 mendatang, ujarnya.

Sambungnya, tindak tanduk Kades ini sudah sangat mencedrai hati masyarakatnya, makanya kami selaku warga Desa Kota menginginkan 2019 ganti Kades. Ini yang menjadi dasar warga untuk mengganti Kades, tutupnya.

Sementara itu Ketua LSM Masyarakat Kota Galuh Peduli (MASKOT) Rustam (42) menambahkan, sebagian besar masyarakat Desa Kota Galuh sudah gerah dengan Kades.

Sudah banyak kita berikan toleransi kepadanya namun dirinya semakin menjadi-jadi hanya mengumpulkan pundi untuk kepentingan pribadi dan kroni-kroninya saja, ujarnya.

Sebagai cintoh, pada saat melakukan muserembang wacana perencanaan pembangunan desa tidak pernah melibatkan tokoh-tokoh masyarakat, yang diundang hanya orang yang tidak memahami pembangunan desa.

"Ini sudah melanggar aturan juga, bahkan jika ada kegiatan warga, Kades sangat alergi untuk menghadirinya", ujarnya lagi.


Untuk itu MASKOT selalu melakukan pengawasan setiap pembangunan yang dikerjakan di desa Kota Galuh. Bahkan MASKOT pernah mengadukan secara resmi tentang kecurangan pekerjaan dana desa ke Polres Serdang Bedagai tentang pencurian batu kali.

Pada saat itu Tim Pelaksana Kegiatan ECI membangun lening dusun 3 dan sisa material berupa batu kali dan pasir dibawa pulang oleh Dedy Yonata selaku Bendahara Desa Kota Galuh untuk membangun rumah pribadinya di Desa Suka Jadi Kecamatan Perbaungan.
Bahkan MASKOT sudah melampirkan dugaan pencuria batu kali ke Polres Serdang Bedagai.

"MASKOT menilai apa yang menjadi keinginan warga pada tahun 2019 ganti Kades sudahlah sangat pantas dan wajar, MASKOT juga mendukung penuh keinginan warga untuk Ganti Kades, tutup Rustam. [] Roby Sinaga
Diberdayakan oleh Blogger.