Sebagian Permukiman Pesisir Aceh Tamiang Belum Dijangkau Jaringan Internet

Lentera24.com | ACEH TAMIANG --  Desa (Kampung) Pusong Kapal Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh merupakan termasuk salahsatu Desa yang tertinggal dibidang hubungan komunikasi. Jangankan untuk mendapatkan jaringan internet, untuk mengakses jaringan (signal) telpon pun sangat sangat sulit sekali. Kalaupun sesekali ada, namun tidak sebaik seperti yang diharapkan.


Untuk bisa bermain game secara online, facebook, WhatsApp atau mengakses jaringan internet, warga disana, terutama para kawula muda setempat harus menempuh  resiko tinggi dengan menaiki Tower air bersih yang dibangun ditengah permukiman.

"Untuk bisa mendapatkan jaringan internet, walaupun lelet dan lambat, kami harus naik diatas tower tanki air bersih itu. Kalau tidak mau berupaya naik keatas sana, jangan pernah berharap bisa main internet," ujar pemuda setempat, Saputra (23) kepada Lentera24, Sabtu (18/8).

Ungkapan yang sama juga disampaikan Martunis (28) yang secara kebetulan bangunan tower air bersih dimaksud berada dihalaman rumahnya. Sehingga dia mengetahui secara persis aktifitas para pemuda yang selalu menggunakan jasa tower untuk mendapatkan jaringan internet.

"Memang harus naik keatas sana, walaupun malam hari mereka tetap naik ke atas tower itu," jelas Martunis yang sering disapa si Mai itu.

Imbuh Saputra dan Martunis, selain  sulit untuk mendapatkan jaringan internet, signal telpon dari semua operator pun susah didapatkan didaerah itu. Kondisi yang sama juga dialami disejunlah desa sekitarnya.

"Seperti kampung Pusong Kapal, kampung Baru, Tanjung Binjai, Kuala Penaga, Gelung dan kampung Paya Udang, semua warga samalah nasibnya," ujarnya.

Saputra dan Martunis menambahkan, warga disana yang mayoritasnya menggunakan kartu (card) selular jenis Telkomsel tersebut berharap kepada perusahaan terkait dan pemerintah agar dapat memfasilitasi supaya pengusaha berkaitan membangun tower jaringan agar ribuan masyarakat didaerahnya tidak lagi merasa kesulitan untuk mendapatkan signal. [] L24-002
Diberdayakan oleh Blogger.