Besok 350 Buruh PT Semadam Gelar Demo Di Kantor Bupati Aceh Tamiang

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Perlakuan dugaan sewenang-wenangan terhadap buruh yang dilakukan oleh PT Semadam akan dilanjutkan dengan aksi demo yang akan digelar di Kantor Bupati pada Senin (27/8) besok.

Asri Mansyur, Amd
Demo tersebut sebagai tindaklanjut dari aksi mogok kerja yang dilakukan sejak beberapa hari lalu didepan gerbang masuk kantor Manager PT Semadam, di Semadam Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang, ungkap Koordinator aksi, Asri Mansyur, Amd kepada Lentera24, Minggu (26/8).


Dalam demo itu para pekerja menuntut agar perusahaan mempekerjakan kembali ketua PUK SPPP - SPSI Asri Mansyur yang beberapa waktu lalu di phk. Selain itu buruh juga menuntut perusahaan segera membayar rapel gaji tahun 2015 sesuai dengan sesuai dengan upah minimum Provinsi (Aceh).

"Pihak Perusahaan melalui Pak Mahluzar Nasution  ketika diruang Kadinakertran Aceh Tamiang mengungkapkan kalau gaji yang dibayarkan perusahaan kepada buruh sudah sesuai dengan UMP Aceh. Pernyataan tersebut diungkapkan Mahluzar pada 6 agustus 2018 lalu," ujar Asri.

Nyatanya hingga sampai hari ini, rapel gaji tahun 2015 sesuai UMP belum juga mereka berikan kepada buruh. Menurut Asri, yang dilakukan PT Semadam sudah merupakan tindakan dugaan penipuan, 

Tuntutan lain dari para buruh yakni tentang bpjs kesehatan dan bpjs tenaga kerja. Asri mansyur menjelaskan sebanyak 300 orang karyawan yang dimaksukkan menjadi peserta bpjs kesehatan hanya sebanyak 156 sedangkan yang terdaftar sebagai peserta bpjs trnaga kerja hanya berjumlah 177 orang.

Sementara itu, lanjut Asri sisanya menjadi bpjs kesehatan yang diurus karyawan melalui desa tempat tinggal mereka masing-masing melalui desa 

"Sedangkan para Pekerja PKWT /kontrak di PT Semadam tidak ada satu pun yang menjadi pesrta bpjs tenaga kerja," tegas Asri seraya menambahkan kalau demo yang digelar besok melibatkan sebanyak 350 han orang.

Sebagai rasa solidaritas tinggi terhadap sesama buruh, ratusan buruh asal sejumlah perusahaan yang tergabung dalam serikat SPPP-SPSI juga akan turut meramaikan aksi demo yang digelar nesok, papar ketua Koordinator unjukrasa, Asri Mansyur  . [] L24-002
Diberdayakan oleh Blogger.