HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Alqur'an Kuno di Anjungan Aceh Timur Jadi Sasaran

Lentera 24.com | BANDA ACEH -- Alqur’an kuno yang notabenya tercatat Alqur'an hasil tulis tangan yang dipamerkan di Anjungan Aceh Timur...

Lentera24.com | BANDA ACEH -- Alqur’an kuno yang notabenya tercatat Alqur'an hasil tulis tangan yang dipamerkan di Anjungan Aceh Timur menjadi sasaran setiap pengunjung di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 Tahun 2018 di Komplek Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh, 5-15 Agustus.

Foto : warga ramai mengunjungi Anjungan Aceh Timur di PKA Ke-7 di Banda Aceh
“Alqur’an tulis tangan seperti ini sudah sangat langka, bahkan kami sudah beberapa hari disini melihat barang-barang antik diberbagai anjungan belum pernah kami temukan Alqur'an tulis tangan seperti ini. Unik sekali dan sangat luar biasa”, kata Tgk. Abdullah, salah seorang pengunjung asal Bireun di Anjungan Aceh Timur, Kamis (9/8/2018) sore.

Sementara itu, Plt. Sekda Aceh Timur, Drs. Zahri, M.AP, melalui Kabag Isra, Mujiburrahman, SE, M.AP, menjelaskan, Alqur’an tersebut dulunya disimpan di rumah salah seorang di Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur. 

Foto : Walikota Langsa, Usman Abdullah memperlihatkan pedagng kuno di Anjungan Aceh Timur i PKA Ke-7 di Banda Aceh
“Alqur’an 30 juz ini kabarnya disalin salah seorang ulama besar di Aceh pada masa kesulthanan Aceh tempo dulu yakni abad ke-16”, katanya.

Menariknya, kata Mujiburrahman, tulisan atau ukirannya bermotif pintu Aceh. Diperkirakan, Alqur’an yang ditulis tahun 1600 masehi. 

“Hampir semua pengunjung melihat dan menanyakan informasi seputaran Alqur’an tulis tangan. Ini luar biasa keingintahuan masyarakat terhadap Alqur’an kuno ini yang kita pamerkan di Anjungan Aceh Timur”, ujar Mujiburrahman.

Sementara itu, Anjungan Aceh Timur masih terus dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah. Selain terlihat menarik dengan kombinasi warna cat dinding bangunan anjungan, tidak sedikit para pengunjung juga melakukan swafoto didepan Anjungan Aceh Timur, baik siang atau malam hari. 

Warna anjungannya cerah dan manarik serta tidak membosankan”, kata Amri, pengunjung lainnya di Anjungan Aceh Timur sore kemarin. [] L24-012 (M. Amin)