Akibat Pasang Perdani, 350 KK Terendam

" Walaupun air sudah surut namun air yang sudah tercemari dengan air asin butuh waktu berbulan - bulan  baru dapat pulih kembali. Jadi saat ini warga butuh air bersih ".

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Sedikitnya 350 Kepala Keluarga (KK) atau lebih kurang 900 jiwa warga Sungai Kuruk 3 Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang terendam akibat air laut meluap. Air laut tersebut dikenal dengan istilah " Pasang Perdani ".


" Akibat " Pasang Perdani " 350 KK atau 900 jiwa terendam air pasang laut " jelas Arfan Sekretaris Kampung Sungai Kuruk 3 Kecamatan Seruway kepada Lentera24.com, Minggu 12 Agustus 2018.

Menurutnya kawasan yang terendam tersebut Dusun Bakti dan Dusun Keluarga dampak air ' Pasang Perdani ' banyak rumah, tanaman jalan dan air sumur warga terendam. " Masyarakat resah tidak dapat beraktivitas. Semua terendam, tidak dapat melakukan mck dan air minumpun susah karna air tanah sudah terdampak air laut " jelas Arfan 

Arfan menambahkan untuk masuk rumah sangat sulit dikarenakan air merendam jalan masuk. Kejadian ini sudah berlangsung tiga hari, walaupun air pasang tersebut hanya beberapa jam merendam kawasan permukiman. " Banyak  kendaraan dan eletronik warga rusak berat. Dan menurut kebiasaan air pasang ini akan berlangsung enam hari" ungkap Arfan.


Arfan memohon kepada pemerintahan agar dapat mensuplai air bersih, karna masyarakat untuk mandi dan nyuci pun paksa beli akibat air asin mencemari air tanah. " Walaupun air sudah surut namun air yang sudah tercemari dengan air asin butuh waktu berbulan - bulan  baru dapat pulih kembali. Jadi saat ini warga butuh air bersih" harap Arfan. [] L24-005

Diberdayakan oleh Blogger.