HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Tim Kampung Siaga Bencana Aceh Timur Dikukuhkan

Lentera 24.com | ACEH TIMUR -- Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial (Kemensos) RI bersama Pemerint...

Lentera24.com | ACEH TIMUR -- Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial (Kemensos) RI bersama Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur mengukuhkan Kampung Siaga Bencana (KSB), di Desa Pante Rambong, Kecamatan Pante Bidari, Kamsi 26 Jukli 2018.

Foto : Usman A. Rachman, SH, SP Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi Pembangunan Setdakab Aceh Timur, saat meyampaikan sambutan pada Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Pante Rambong, Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur (Dok. Humas Aceh Timur)
Acara pengukuhan sekaligus simuklasi penanggulangan bencana itu dihadiri oleh, Yanyan Rahmat Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA), Abdussalam Kabid Perlindungan Jaminan Sosial (BAJAMSOS) dinas Sosial Provinsi Aceh, Usman A. Rachman, SH, SP Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi Pembangunan Setdakab Aceh Timur, Ir. Elfiandi, SP. I, dan para tamu undangan.

Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH dalam sambutannya yang diwakili oleh Usman A. Rachman, SH, SP Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi Pembangunan Setdakab Aceh Timur menyampaikan, dirinya sangat mengapresiasi kepada segenap perserta tim Kampung Siaga Bencana (KSB) yang telah meluangkan waktu untuk mengsukseskan kegiatan yang sangat bermanfaat ini.

Lebih lanjut, Usman A. Rachman menyebutkan, bahwa dalam melaksanakan penanggulangan bencana daerah, perlu koordinasi dan kerja sama yang terintegrasi dengan berbagai pihak. Disamping itu, kompleksitas masalah yang diakibatkan oleh bencana tidak bisa dipandang dari satu sektor tertentu saja, melainkan secara menyeluruh.

Foto : Ir. Elfiandi, SP, I, kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur dalam laporannya menyampaikan laporanya pada kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Pante Rambong, Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur (Dok. Humas Aceh Timur)
“Sektor kesehatan, sosial, pekerjaan umum, perhubungan, energy dan sumber daya mineral, tenaga kerja, dan transmigrasi, keuangan, kehutanan, lingkungan hidup, kelautan, lembaga penelitian serta TNI-Polri yang semua sektor tersebut memiliki peran dan tangungjawab masing-masing”, tegas Usman, A. Rachman.

Sebelum mengakhiri sambutanya menyebutkan, program ini untuk menambah wawasan dan meningkatkan pemahaman tim kampung siaga bencana tentang pencegahan dan kesiapsiagaan bencana”, demikian pungkas Usman, A, Rachman seraya berharap nantinya Tim KSB dapat menjadi pemuka di masyarakat dalam hal penanggulangan bencana.

Sebelumnya, Ir. Elfiandi, SP, I, kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur dalam laporannya menyampaikan, adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat tentang kerawanan dan ancaman bencana. Serta juga membentuk jejaring kerja berkaitan dengan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat, mengorganisir potensi masyarakat agar terlatih dalam kesiapasiagaan menanggulangi bencana,

Selain itu juga memberikan kepastian dan kesinambungan terhadap proses kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat dan memperkuat hubungan social antar anggota masyarakat serta mengoptimalkan potensi dan sumber daya untuk penanggulangan bencana”, terang Ir. Elfiandi.

Sebelum mengakhiri laporannya, dirinya menyebutkan, kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB) dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 24-25 dan 26 Juli 2018 di Desa Pante Bidari, kecamatan Pante Bidari. Adapun jumlah pesrta sebanyak 60 orang yang berasal dari desa-desa yang ada di Kecamatan Pante Bidari”, jelas Ir. Elfiandi.

“Adapun para peserta tersebut terdiri dari, Kepala desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pendidikan, tokoh pemuda, ibu-ibu, tim kesehatan dan masyarakat umum lainnya”, demikian pungkas Ir. Elfiandi, SP. I kepala dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur seraya menambahkan Dinas Sosial Aceh memberikan bantuan operasional Kampung Siaga Bencana (KSB) diantaranya, Tenda gulung, Sajadah, Piring, gelas, kualai, talam, sendok, garfu dan lain sebagainya. [] L24 -012 (M. Amin)