HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kroasia Pupuskan Harapan Tuan Rumah

Lentera 24.com | SPORTS -- Rusia dan Kroasia menjadi dua tim terakhir yang berusaha merebut satu tiket semifinal Piala Dunia 2018 Rusia. Si...

Lentera24.com | SPORTS -- Rusia dan Kroasia menjadi dua tim terakhir yang berusaha merebut satu tiket semifinal Piala Dunia 2018 Rusia. Siapa pun yang berhasil memenangkan pertandingan ini sudah ditunggu Inggris yang sukses menundukkan perlawanan Swedia (2-0) beberapa jam sebelumnya.

Foto : Bola.net
Status kuda hitam Kroasia berhadapan dengan status tuan rumah yang menambah kepercayaan diri Rusia. Sejauh ini, di empat pertandingan sebelumnya, kedua tim berhasil tampil cukup meyakinkan, khususnya Rusia yang sempat diselimuti keraguan. 

Pertandingan dimulai dengan tempo sedang, kedua tim sepertinya memilih untuk bermain hati-hati dan mencoba untuk perlahan-lahan membongkar pertahanan satu sama lain. Begitu wasit meniup peluit awal laga, Kroasia langsung mengambil inisiatif dan menguasai bola.

Di saat yang sama Rusia memilih bermain di wilayah lapangannya sendiri dan menumpuk pemain sebanyak mungkin. Pelath Stanislav Cherchesov sepertinya menginstruksikan pemain-pemainnya untuk bermain defensif dan memaksimalkan serangan balik.

Pertahanan Rusia terbukti ampuh. Luka Modric dan Ivan Rakitic yang dipercaya sebagai pengatur ritme permainan seringkali kesulitan mencari ruang kosong. Aliran bola Kroasia sering terhenti di lini tengah, umpan-umpan panjang pun mulai dimainkan meski kurang efektif.

30 menit pertandingan berlangsung dengan pola demikian, Kroasia mendominasi 65 persen penguasaan bola, Rusia selalu mencoba memaksimalkan serangan balik.

Asyik menyerang, pertahanan Kroasia yang belum panas akhirnya harus membayar mahal gol pertama Rusia. Dimulai dari pergerakan Denis Cheryshev di tengah lapangan, dia menyodorkan bola pada Artem Dzyuba yang langsung mengembalikan bola kembali, taktik satu-dua.

Cheryshev menerima sodoran Dzyuba di depan kotak penalti, cukup jauh dari gawang. Tetapi pemain Villareal ini sekali lagi menunjukkan kecakapannya, mengecoh tiga bek Kroasia dan melepaskan tendangan keras ke sudut kanan atas gawang Subasic, tak terjangkau.

Tembakan tepat sasaran pertama di pertandingan ini dan gol, Rusia 1-0 Kroasia di menit ke-31.

Tertinggal, Kroasia mulai meningkatkan tempo serangan. Kedua bek sayap Kroasia mulai sering naik membantu serangan dan melancarkan serangan balik cepat.

Tak seperti biasanya, pertahanan Rusia begitu terbuka, lengah. Mario Mandzukic yang menerima bola di lini tengah langsung berlari menyerang, memulai serangan balik. Mandukic bahkan bisa berlari bebas sampai di kotak penalti sisi kanan gawang Igor Akinfeev.

Penyerang Juventus ini kemudian memberikan umpan silang tepat di muka gawang Rusia yang langsung disambut tandukan keras Andrej Kramaric.

Rusia 1-1 Kroasia di menit ke-39. Pertandingan dimulai kembali.

Jual-beli serangan kembali terjadi di sisa lima menit babak pertama, tetapi kedua tim sepertinya menyimpan tenaga untuk babak kedua. Skor 1-1 tak berubah hingga turun minum.

Babak kedua dimulai dengan tempo tak jauh berbeda. Kedua tim memang bermain lebih terbuka, tetapi masih menampilkan kehati-hatian yang sama. Mau tak mau, Rusia harus mulai aktif menyerang demi meraih gol kedua.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Kroasia kembali mendominasi penguasaan bola. Tetapi penempatan posisi Modric dan Rakitic sebagai dua gelandang bertahan membuat serangan-serangan Kroasia tak kreatif seperti biasanya.

Modric dan Rakitic sering berganti posisi untuk membantu Sime Vrsaljko dan Ivan Strinic di posisi bek sayap yang harus menghadapi serangan balik Rusia. Kedua tim masih sama kuat.

Kroasia sempat mendapatkan peluang emas melalui Ivan Perisic di menit ke-60. Lagi-lagi pertahanan Rusia kacau dan menciptakan kemelut di muka gawang Akinfeev. Bola tiba di kaki Perisic yang mencoba mengelabui Akinfeev. Sayang tendangannya ke sudut kanan membentur tiang gawang dan memantul keluar.

Kedua tim silih berganti melancarkan serangan di sisa laga. Kroasia terus menguasai bola tetapi selalu kurang penyelesaian akhir. Sebaliknya, Rusia terus mengandalkan serangan balik cepat, tetapi stamina yang mulai terkuras membuat serangan-serangan tim tuan rumah tak efektif.

Alur pertandingan tak banyak berubah sampai penghujung laga, pemain yang mulai kelelahan membuat tempo pertandingan semakin lambat. Pertahanan rapi Rusia masih mujarab menahan penguasaan bola Kroasia.

Skor 1-1 sampai menit 90. Pertandingan lanjut ke babak tambahan.

Babak tambahan bukanlah keinginan kedua tim, khususnya Kroasia. Baru beberapa menit laga dimulai kembali, beberapa pemain Kroasia mulai berjatuhan. Vrsjalko adalah korban pertama dari kelelahan bermain selama 90 menit penuh, dia ditarik keluar dan digantikan Vedran Corluka.

Mandzukic juga sempat menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman di kaki kirinya. Dia terlihat berjalan pincang di tengah lapangan, tetapi karena pergantian pemain yang sudah habis, mau tak mau Mandzukic harus bertahan.

Permainan berjalan semakin lambat, kedua tim jelas kelelahan. Tetapi Kroasia sekali lagi berhasil memanfaatkan situasi bola mati dan mencetak gol kedua.

Bermula dari tendangan sudut Luka Modric di kanan gaawang, Domagoj Vida berada di ujung lainnya dan menerima bola dengan sundulan spekulasi ke gawang Akinfeev. Bola sebenarnya bergulir pelan tetapi pemain Rusia yang sudah mati langkah gagal mengantisipasi.

Rusia 1-2 Kroasia di babak tambahan pertama.

Setelah beristirahat sejenak, Rusia memasuki babak tambahan kedua dengan semangat tinggi. Dukungan penonton yang memenuhi Stadion Fisht semakin nyaring bersorak memberikan semangat lebih.

Arah pertandingan pun berbalik, Rusia lebih banyak menyerang dan Kroasia fokus bertahan.

Perjuangan Rusia pun terbayar lunas. Alan Dzagoev yang baru masuk mendapatkan kesempatan tendangan bebas tepat di depan kotak penalti Kroasia, sebelah kiri gawang Subasic.

Dzagoev kemudian mengirimkan umpan tepat sasaran ke kotak penalti yang langsung dihajar Mario Fernandes melesat ke gawang Subasic. Bek-bek Kroasia tak ada yang merespon, kelelahan. Corluka yang baru masuk gagal menuntaskan tugasnya. Kemenangan Kroasia di depan mata lenyap dihapus Fernandes.

Skor 2-2 di menit ke-115, pertandingan panjang yang melelahkan.

Pemain yang sudah terlalu lelah tak bisa berbuat banyak, lima menit akhir pertandingan pun tak banyak perubahan. Skor 2-2 jadi penutup babak tambahan, lanjut ke adu penalti.

Gagal Smolov - Rusia 0-0 Kroasia.
Gol Brozovic - Rusia 0-1 Kroasia
Gol Dzagoev - Rusia 1-1 Kroasia
Gagal Kovacic - Rusia 1-1 Kroasia
Gagal Fernandes - Rusia 1-1 Kroasia
Gol Modric - Rusia 1-2 Kroasia
Gol Ignashevich - Rusia 2-2 Kroasia
Gol Vida - Rusia 2-3 Kroasia
Gol Kuzyaev - Rusia 3-3 Krosia
Gol Rakitic - Rusia 3-4 Kroasia

Berakhir sudah. Rusia tersungkur. Kroasia melaju ke semifinal.

Rusia (4-2-3-1): Igor Akinfeev; Ilya Kutepov, Sergei Ignashevich, Mario Fernandes, Fedor Kudryashov; Roman Zobnin, Daler Kuzyaev; Aleksandr Samedov (54' Aleksandr Yerokhin), Aleksandr Golovin (102' Alan Dzagoev), Denis Cheryshev (67' Fedor Smolov); Artem Dzyuba (80' Yuri Gazinskiy).
Pelatih: Stanislav Cherchesov

Kroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic; Ivan Strinic (74' Josip Pivaric), Sime Vrsaljko (97' Vedran Corluka), Domagoj Vida, Dejan Lovren; Luka Modric, Ivan Rakitic; Andrej Kramaric (88' Mateo Kovacic), Ivan Perisic (63' Marcelo Brozovic), Ante Rebic; Mario Mandzukic.
Pelatih: Zlatko Dalic. [] BOLA.NET