AKBP Yusuf Tendang Ibu-Ibu yang Dituduh Mencuri, Kapolri Naik Pitam

Lentera24.com | JAKARTA -- Kapolri Jenderal HM Tito Karnavian naik pitam mendengar anak buahnya AKBP Yusuf menendang seorang ibu-ibu yang dituduh mencuri barang di toko miliknya. Aksi main hakim sendiri oleh oknum polisi itu terekam video dan viral di media sosial.

Foto : Beritaplatmerah.com
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Muhammad Iqbal mengatakan, Tito marah besar karena tindakan Yasuf tidak mencerminkan prilaku perwira polisi yang seharusnya melindungi dan mengayomi masyarakat.

"Terkait dengan video pemukulan itu, Kapolri marah besar. AKBP Y tidak mencerminkan polisi yang promoter," kata Iqbal ketika dihubungi wartawan, Jumat (13/7/2018).

Menurut Iqbal, sejak awal Tito mengkampanyekan polisi yang promoter (profesional, modern dan terpercaya). Sikap promoter itu difokuskan pada tiga kebijakan utama yang salah satunya memperbaiki kultur. Polri harus menghilangkan arogansi kekuasaan dan menekan kekerasan eksesif.

Sehingga, kata Iqbal, wajar apabila Tito marah besar karena berulang kali telah mengingatkan anggotanya untuk bersikap keras. Namun koridornya adalah terhadap para penganggu ketertiban umum, pelaku kriminal yang membahayakan nyawa masyarakat dan membahayakan nyawa petugas.

Berkaitan dengan aksi Yusuf itu, Tito tidak dapat mentolerir. Hari ini juga Tito memerintahkan Kapolda Bangka Belitung Brigjen Syaiful Zahri untuk mencopot jabatan anggotanya itu.

"Tentunya setelah dicopot, akan ada mekanisme yang bersangkutan akan lalui di Propam," pungkasnya.

Diketahui, Yusuf menganiaya seorang ibu-ibu yang dituduh sebagai pencuri di toko miliknya di Jalan Selindung, Pangkalpinang. Peristiwa itu terjadi pada Rabu 11 Juli 2018 sekitar pukul 19.00 WIB, dan viral di media sosial. [] OKEZONE.COM
Diberdayakan oleh Blogger.