MPD Kota Subulussalam Kirim Mahasiswa Beasiswa Penuh

Lentera24.com | SUBULUSSALAM -- Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam gelar pelepasan mahasiswa asal Kota Subulusalam penerima beasiswa penuh ke Surabaya Jatim, Sumbawa NTB dan UNMUHA, Banda Aceh.


Prosesi pelepasan di halaman MPD oleh Wakil Wali Kota, Salmaza, Jumat (29/6) dihadiri Ketua Komisi D DPRK, Haris Muda Bancin, Ketua MPD Jaminuddin B, segenap jajaran sekretariat dan komisioner MPD setempat serta para orang tua dan calon mahasiswa terkait.

Wakil Ketua II MPD, Amrullah melaporkan, MPD telah tiga kali melakukan pelepasan mahasiswa beasiswa penuh ke sejumlah daerah di Indonesia. Khusus tahun ini 20 orang ke Surabaya, Jatim beberapa orang diantaranya dari Kab. Seumelue dan Aceh Singkil, empat orang ke Sumbawa, NTB dan enam orang ke UNMUHA Banda Aceh. 

Dipastikan, beasiswa di sana tidak menggunakan APBK daerah ini, tetapi penuh dari kampus, atas kerjasama dengan MPD Kota Subulussalam. Ditambahkan, 80 penerima beasiswa serupa juga telah dikirim ke STIS Riyadul Jannah, Pacet Mojokerto.

"Kami berharap, pemerintah dan DPRK bisa membantu dana APBK untuk beasiswa penuh seperti ini", pinta Amrullah.

Sekapur sirih dari Rahmawaty Aida Putri, komisioner MPD Kota Subulussalam mengingatkan para orang tua untuk menjadi motivator bagi anak-anak dalam menuntut ilmu ke luar daerah. "Meski sedih, anak harus tetap diberangkatkan, dan yakinkan mereka mampu menghadapi kehidupan," tegas Aida.

Ketua MPD Jaminuddin mengatakan, khusus ke UNMUHA, tahun ini adalah yang perdana, sementara tujuh mahasiswa beasiswa juga telah dikirim ke STID Bekasi. "Kita tidak gerogoti APBK, bahkan biaya ke tujuan ditanggung masing-masing," tandas Jamin. Soal calon yang diberangkatkan namun pulang karena sejumlah alasan, Jamin pastikan kalau persoalan itu merupakan faktor seleksi alam. 

"Kalau ada yang pulang, tidak jadi kuliah, itu adalah hasil seleksi alam," tandasnya, pastikan dukungan penuh para orang tua menjadi hal yang penting. [] L24-Khairul
Diberdayakan oleh Blogger.