HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pemkab Deli Serdang Siap Menjadi Tuan Rumah HAI Tingkat Nasional

Lentera 24.com | DELI SERDANG -- Jajaran  Pemerintah Kabupaten Deli Serdang nyatakan siap menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatann Hari Ak...

Lentera24.com | DELI SERDANG -- Jajaran  Pemerintah Kabupaten Deli Serdang nyatakan siap menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatann Hari Aksara Internasional Tingkat Nasional tahun 2018 yang direncanakan berlangsung pada 8 September 2018 yang akan datang.


Pernyataan itu disampaikan Plt Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars pada rapat koordinasi awal persiapan  pelaksanaan HAI tahun 2018 yang dihadiri Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan kesetaraan Dr Abdul Kahar M.Pd beserta sejumlah Kasubbid jajaran Kemendikbud RI, Sekdakab Darwin Zein Ssos, Asisten I Dedy Maswardi MAP, Kadis Pendidikan Deli Serdang Dra Wastianna Harahap bersama jajarannya, pimpinan OPD beserta para Camat. Rabu (25/5) di Aula Cendana Kantor Bupati Deli Serdang, Lubuk Pakam. 

Plt Bupati H Zainuddin Mars dalam arahannya menyatakan Pemkab Deli Serdang berterimakasih atas kepercayaannya menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan HAI tingkat Nasional tahun 2018, untuk suksesnya pelaksanaan HAI 2018 ini diharapkan koordinasi, komunikasi antara Pemkab Deli Serdang dengan jajaran Kemendikbud terus dilakukan, demikian juga kepada pimpinan OPD, para Camat diperintahkan untuk berkontribusi sesuai dengan Tupoksinya masing-masing.  

Sementara Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan kesetaraan Dr Abdul Kahar M.Pd, menyatakan bahwa HAI/ Internasional Literacy Day merupakan kesepakatan bersama Negara-negara yang tergabung dalam Unesco dalam memberikan perhatian yang sangat besar dalam upaya  pengentasan Buta Aksara yang diperingati setiap tahun termasuk di Indonesia, ini dimulai pada tahun 1965 tepatnya 53 tahun yang lalu, hal ini penting karena buta aksara/buta hurup ini identik dengan kemiskinan, seraya menyatakan apresiasinya kepada Pemkab Deli Serdang yang selama ini komit terhadap peningkatan pendidikan sehingga banyak menuai perestasi, dibuktikan bahwa pada tahun 2018 ini  jumlah buta aksara di Deli Serdang cukup rendah bagi yang berusia 15-59 tahun hanya tersisa 0,07% atau 937 orang lagi, ini capaian yang luar biasa jauh dibawah rata-rata nasional kata  Abd Kahar.

Dijelaskan juga gambaran acara puncak kegiatan HAI 2018, nantinya diantaranya unjuk performance insan PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), kemudian pemberian anugerah aksara dan  penghargaan kepada Bupati/Walikota, pegiat Literasi,TBM Kreatif,Pengelola/Tutor dan peserta didik  keaksaraan dan peserta didik kesetaraan berprestasi serta pameran dan pestival literasi. [] L24-011 (kbn)