Kerambah Ikan Air Tawar, Sumber PAD Kampung Tanjung Seumantoh

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Pemerintahan Kampung Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru Aceh Tamiang, melalui Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Harapan Jaya, kini punya unit usaha baru, berupa budidaya kerambah ikan air tawar, yang bertempat di pinggiran sungai Dusun Damai kampung setempat.


Budidaya kerambah ikan air tawar, yang bersumber dari anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2017, dengan jumlah anggaran Rp.25.000.000, yang dipos kan melalui unit BUMK tersebut,  kini terlihat sudah berjalan.

Ketua pemuda kampung tanjung seumantoh, Yusrizal, yang ditemui Lentera24.com, minggu (27/05) di lokasi kerambah mengatakan, kerambah ini merupakan usulan dari pada pemuda kampung tanjung seumantoh, guna memberikan kegiatan sekaligus sebagai sumber pendapatan bagi para pemuda dengan sistem bagi hasil kepada BUMK.

Selain itu, Lanjut Yusrizal atau biasa disapa Godek mengatakan, kerambah tersebut  diisi 1.500 ekor ikan dengan tiga jenis ikan yaitu, ikan nila sejumlah 500 ekor, ikan bawal 800 ekor dan ikan lemeduk 200 ekor. 

Hal senada juga disampaikan Datok Penghulu Kampung Tanjung Seumantoh, Amirul Mukminin, yang dihubungi Lentera24.com. Menurutnya usulan budidaya kerambah tersebut, murni dari keinginan para pemuda kampung, yang menginginkan sebuah kegiatan produktif sebagai sumber penghasilan.

Untuk itu, Amirul mengharapkan, agar budidaya kerambah ikan air tawar ini nantinya mampu berjalan baik, sehingga sedikit banyak bisa memberikan income pemuda dan BUMK. [] L24-004 

Diberdayakan oleh Blogger.