Gempa Bumi Tektonik M=4.8 Guncang Wilayah Banda Aceh

Lentera24.com | BANDA ACEH -- Pada Hari Rabu, (16/5), sekira pukul 23:00:12 WIB, Banda Aceh diguncang gempabumi tektonik. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=4.8 dengan posisi episenter pada koordinat 4.37 LU dan 95.24 BT, tepatnya di laut pada jarak 64 km Barat Daya Kab. Aceh Jaya-Aceh pada kedalaman 16 km.

Foto : Ilustrasi
"Haltersebut dikatakan oleh Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, S.Si, M.Si pada awak media via grup WhatsApp".

Sambung Edison, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Banda Aceh dan Aceh Jaya dengan intensitas gempabumi I SIG-BMKG (II MMI). Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan, ujarnya. 

Menurut Edison, dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia. Gempa ini tidak berpotensi tsunami, imbuhnya.

Edison menghimbau, kepada masyarakat di Banda Aceh dan sekitarnya, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempa bumi susulan dari BMKG, tutup Edison. [] L24-007 (Roby Sinaga)
Diberdayakan oleh Blogger.