Asrizal H Asnawi : Pengerajin Tumbak Lada Merupakan Aset Aceh Tamiang

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Tumbak lada merupakan salah satu dari sekian pengrajin terbaik yang ada di Bumi Sedia, sehingga menjadi sebuah kebanggan dan perlu perhatian khusus dari berbagai pihak terkait.


Hal ini disampaikan Anggota DPRA Asal Aceh Tamiang, Asrizal H Asnawi, selasa (08/05), saat berkunjung ke pengrajin Tumbak lada yang terletak di Kampung Durian Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang. 

Menurut Asrizal, bahwa dirinya sangat tertarik dengan keahlian serta kebolehan para pengrajin Tumbok lada yang mampu menghasilkan berbagai ukiran unik secara otodidak.

Selain itu, Asrizal juga menyampaikan bahwa, dirinya merasa perlu memfasilitasi para pengrajin tumbok lada dengan pemerintah daerah maupun provinsi, agar para pengrajin mendapatkan pelatihan dan membantu dalam proses pemasaran.

"Saya melihat mereka bekerja masih mengunakan alat yang seadanya, sehingga ini nantinya menjadi masukan buat saya dan pemerintah", ujar Asrizal yang juga Ketua DPD PAN Aceh.


Disamping itu, peran serta pemerintah menjadi sangat penting, mengingat para pengrajin yang ada merupakan aset daerah yang nantinya bisa diproyeksikan untuk menjadi simbol kebangaan aceh tamiang.

"Saya yakin pemkab tamiang tau apa yang harus dilakukan, mengingat ini merupakan Home Industri yang menjadi penggerak ekonomi kerakyatan", ungkap Asrizal.

Ditempat yang sama, Dimas, salah seorang pengrajin tumbok lada menyampaikan, bahwa kehadiran Asrizal H Asnawi menjadi momentum dirinya menyampaikan keluh kesah menjadi pengrajin tumbok lada dengan keadaan serba terbatas.

"Kami mengharapkan dukungan pemerintah, dan alhamdulillah pak asrizal sudah mau datang langsung untuk melihat serta mendengarkan keluh kesah kami selama menggeluti profesi ini", ungkap Dimas.

Untuk itu, Dirinya beserta rekan seprofesi mengharapkan adanya bantuan baik moral maupun moril dari pemerintah daerah terkhusus Asrizal H Asnawi agar memfasilitasi segala kebutuhan alat produksi tombok lada tersebut. [] L24-004
Diberdayakan oleh Blogger.