Persit KCK Kodim Cilacap Bersama GOW Kabupaten Cilacap Peringati Hari Kartini ke-139

Lentera24.com | CILACAP -- Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Kodim 0703/Cilacap bersama Jalasenatri dan Bhayangkari Polres Cilacap serta organisasi wanita se-Kabupaten Cilacap ikuti peringatan Hari Kartini ke-139 Tingkat Kabupaten Cilacap di Lapangan Krida Bangga Mbangun Desa Jl. Bromo Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan, Jum'at (20/04).


Dengan tema "Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Dalam Menguatkan Pendidikan Karakter Generasi Penerus Bangsa", peringatan Hari Kartini tersebut dihadiri Wakil Bupati Cilacap Samsul Auliya, S.TP, S.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Hj. Teti Rohatiningsih Suwarto Pamuji, Ketua GOW Cilacap Hj. Sri Pujiati Muchsin, SH, Pasi Pers Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Tasino, Ketua Persit Kodim 0703/Cilacap yang diwakili Ny. Ahmad Rofik Alfian, serta sejumlah pejabat teras Pemda Cilacap, organisasi wanita se-Kabupaten Cilacap.

Kegiatan tersebut diawali dengan melaksanakan Senam Three Ends dilanjutkan Parade Kartini oleh 43 peserta dari organisasi wanita se-Kabupaten Cilacap melalui route Jl. Bromo-Jl. S. Parman- Jl. Slamet-Jl. Bromo  dengan diiringi grup Tek Tek dari SMPN 7 Cilacap dan kemudian dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan peringatan Hari Kartini mulai dari pembukaan, menyanyikan Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" dilanjutkan Lagu "Ibu Kita Kartini", pembacaan do'a, sejarah singkat Hari Kartini, laporan Ketua Panitia Penyelenggara hingga sambutan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap dan Bupati Cilacap.

Ketua Panitia Penyelenggara Hj. Sri Pujiati Muchsin, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa Peringatan Hari Kartini ke-139 tahun 2018 ini mempunyai makna dan tujuan sebaga bagian darii upaya bangsa Indonesia untuk memperingati dan menghormati perjuangan ibu Raden Ajeng Kartini untuk mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, memperkuat dan memperluas pemberdayaan perempuan Indonesia serta merupakan aplikasi dan aksi nyata dalam peningkatan kualitas pendidikan formal dan kualitas hidup perempuan," jelasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Tetty Rohatiningsih menyampaikan bahwa peringatan Hari Kartini untuk mengingat kembali tokoh perempuan Indonesia yang menjadi sejarah tonggak perjuangan emansipasi wanita Indonesia yaitu Kartini."RA. Kartini adalah figur pribadi yang cerdas, pengamat yang amat peka dan kritis, demi mengubah pola pikir wanita Indonesia agar tampil beda", jelas Hj. Tetty Rohatiningsih.

Melalui moment ini, Ketua TP PKK tidak henti-hentinya mendorong kepada kaum perempuan khususnya warga Kabupaten Cilacap, untuk terus berupaya
secara aktif dalam meningkatkan kualitas sumber dayanya dengan memperkuat dan memperluas pemberdayaan perempuan Indonesia, memperkuat advokasi dan aksi nyata dalam peningkatan kualitas pendidikan formal dan kualitas hidup perempuan, terlibat mewujudkan kesetaraan gender serta memperkuat penghapusan kekerasan dalam rumah tangga.

Hal senada juga disampaikan Bupati Cilacap melalui Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman yang menghendaki agar peringatan ini dijadikan wahana introspeksi, sekaligus motivasi bagi kaum perempuan Indonesia untuk terus bekerja, berkarya dan berbuat yang terbaik, bagi dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Melalui tema ini diharapkan menyadarkan kita kembali, bahwa keluarga merupakan lembaga terkecil untuk membentuk bangsa serta melahirkan generasi yang berkarakter dan berkualitas.

Selanjutnya pada kegiatan tersebut, penyerahan simbolis Program CSR PT. HOLCIM Indonesia Tbk Cilacap berupa RTLH Plesterisasi dan Jambanisasi bagi warga Kecamatan Cilacap Selatan dan penyerahan simbolis PPKBD kepada 2 orang perwakilan dari Cilacap Selatan serta beberapa peragaan diantaranya peragaan busana pengantin khas Kabupaten Cilacap oleh Harpi Melati, persembahan puisi oleh anggota Persit Kartika Chandra Kirana, Line Dance Lenggang Kangkung dari Dian Kemala serts Senam BACATARISMA dan I See dari Wanita KOSGORO Cilacap. [] L24-Tarwan
Diberdayakan oleh Blogger.