KIP Aceh Tamiang Gelar Apel Serentak Secara Nasional Pantarlih

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang, M. Alhamdha, SH.I mengatakan Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia mulai Selasa, 17 April hingga 17 Mei 2018.


“Bimbingan teknis untuk petugas Pantarlih sudah kami berikan mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk coklit”, kata Alhamdha dalam sambutan Apel Serentak Secara Nasional Pantarlih di kantor KIP setempat.

Dia berharap proses coklit data daftar penduduk potensial pemilih dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu pada 17 Mei 2017 mendatang.

Alhamdha menjelaskan ada tiga prinsip yang harus dipegang oleh petugas dalam coklit. Ketiga prinsip tersebut meliputi pendataan terhadap calon pemilih yang memenuhi persyaratan tetapi belum masuk daftar, memperbaiki data yang tidak sesuai, serta mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat tetapi masuk dalam daftar pemilih.

“Jadi saat dilakukan coklit data yang ada masih bisa berubah. Hasil dari pantarlih ini akan dijadikan sebagai daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2019”, ujarnya.

Ditambahkan, untuk pelaksanaan coklit perdana diawali dengan apel pantarlih yang dilaksanakan secara serentak diseluruh kecamatan.

BACA JUGA : KIP Aceh Tamiang Himbau Warga Siapkan Dokumen untuk Pencoklitan

“Sudah kami persiapkan dan setiap petugas kami targetkan di hari pertama coklit minimal mendata di sepuluh rumah. Bukti telah dilaksanakan Coklit nantinya akan ditempel Stiker Pencoklitan disetiap rumah yang telah dicoklit", katanya.

Acara Apel Serentak Secara Nasional di kantor KIP setempat dengan Pembina Upacara Ketua KIP Aceh Tamiang, M. Alhamdha, SH.I, yang dihadiri oleh Sekretaris KIP Aceh Tamiang, Aditia Purnama, Ketua Panwaslu Aceh Tamiang, Ferry Irawan Nasution, seluruh jajaran kesekretariatan KIP Aceh Tamiang, berserta PPK Kecamatan Karang Baru,  PPS serta Pantarlih desa yang berdekatan dengan kantor KIP setempat. [] L24-005
Diberdayakan oleh Blogger.