Dukung Upsus Pajale, Kodim 0703/Cilacap Bersama Pemda Gelar Gerakan Percepatan Tanam Padi

Lentera24.com | CILACAP -- Dalam rangka  mendukung usaha khusus padi jagung kedelai (Upsus Pajale), Kodim 0703/Cilacap bersama Pemerintah Kabupaten Cilacap mengelar Gerakan Percepatan Tanam Padi secara serentak pada lahan persawahan seluas 539 Hektare yang berada di Desa Sikampuh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap, Rabu (25/04).


Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan dorongan dan motifasi bagi para petani yang sedang melaksanakan percepatan tanam padi pada periode April-September 2018 sehingga target sasaran tanam padi Kabupaten Cilacap khususnya Kecamatan Kroya pada April sampai September 2018 dapat tercapai.

Gerakan Percepatan Tanam Padi secara serentak tersebut dihadiri Bupati Cilacap yang diwakili Syamsul Aulia Rachman, Dandim 0703/Cilacap dalam hal ini diwakili Pasiter Kapten Inf. Marjono, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Ir. Gunawan, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kabupaten Cilacap Ermawatie Syahyuni SP, MP,  para Danramil Distrik Kroya, para PPL se-Kecamatan Kroya serta para Gapoktan se-Kecamatan Kroya.

Kegiatan tersebut diawali dengan melaksanakan penanaman benih cabai sebanyak 1000 polibek serta penanaman padi oleh Bupati, Dandim, Kepala Dinas Pertanian Cilacap, Camat Kroya, Kepala Desa Sikampuh serta diikuti oleh para petani gapoktan Desa Sikampuh. Selepas itu dilanjutkan dengan pemberian penghargaan Upsus Pajale kepada PPL, Babinsa serta Gapoktan yang berprestasi.

Pada kesempatan tersebut Camat Kroya Drs. Muhamad Najib melaporkan sasaran Luas Tambah Tanam (LTT) yang telah dicapai pada periode Oktober 2017-Maret 2018 dan menghasilkan produksi padi sebesar 26.048,99 ton gabah kering panen atau 22.404,34 ton gabah kering giling (GKG). Sedangkan pada periode April-September 2018, sasaran LTT seluas 2.465 hektare pada bulan april baru terealisasi seluas 906 hektar.


Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Ir. Gunawan juga menambahkan  bahwa percepatan tanam padi secara serentak ini dilaksanakan guna mendukung program swasembada pangan nasional. Untuk itu dirinya sangat setuju dan apresiasi terhadap pemberian penghargaan kepada PPL, Babinsa maupun para gapoktan yang berprestasi uang telah berperan dalam mensukseskan program swasembada pangan nasional.

Hal senada juga disampaikan Bupati Cilacap melalui Wakil Bupati Syamsul Aulia Rahman yang mengucapkan terima kasih atas kinerja dan kerja kerasnya mereka pata PPL, Babinsa dan Gapoktan di dalam membangun bidang pertanian sehingga Kabupaten Cilacap menjadi penyangga ketahanan pangan di Jawa Tengah dam Nasional. "Sudah sepantasnya mereka mendapatkan penghargaan atas kerja kerasnya selama ini." tutur Syamsul Aulia Rahman.

Komandan Kodim 0703/Cilacap melalui Pasiter Kapten Inf Marjono mengintruksikan kepada seluruh Babinsa untuk senantiasa melaksanakan pendampingan kepada para petani di desa binaannya. " Pemberian penghargaan ini hendaknya dijadikan acuan para Babinsa jajaran Kodim 0703/Cilacap untuk lebih giat lagi dalam Upsus Pajale guna mendukung pemerintah dalam mewujudkan Swasembada Pangan Nasional", tandasnya. [] L24-Tarwan
Diberdayakan oleh Blogger.